Melakukan riset produk sangatlah penting dewasa ini, tentunya Anda tidak ingin investasi yang sudah dikeluarkan menjadi sia-sia karena ternyata produk yang sudah Anda buat tidak menemukan pelanggannya. Kami teringat sebuah kutipan dari Pandji Pragiwaksono bahwa sebenarnya tidak ada produk yang tidak laku, namun yang ada adalah produk Anda tidak berhasil menemukan siapa & di mana pembelinya. Untuk itu riset produk merupakan hal yang utama sebelum Anda membuat & memasarkannya. Berikut kami sampaikan 3 hal yang harus diperhatikan saat melakukan riset produk. 

1. Tetapkan target market, peka akan perubahan perilaku konsumen
Tidak bisa dipungkiri, menyasar target market adalah yang terutama. Anda harus tahu saat ini konsumen lebih banyak berkumpul di mana, bagaimana gaya hidupnya, bagaimana cara mereka mendapatkan informasi, apa & siapa saja yang menjadi inspirasi mereka.

2. Apakah produk Anda berhasil memecahkan sebuah masalah
Hal yang paling dasar untuk diingat adalah produk Anda merupakan sebuah kunci jawaban dari masalah yang dihadapi oleh target pengguna Anda.

3. Apakah produk Anda berhasil menciptakan sebuah inspirasi bagi penggunanya
Setelah Anda menetapkan target market & berhasil menemukan masalah apa yang diselesaikan lewat produk Anda, langkah selanjutnya adalah menciptakan sebuah komunikasi ke konsumen bagaimana produk Anda berguna bagi mereka. Ceritakan benefit apa yang diperoleh saat konsumen menggunakan produk Anda.
Misal, anda membuat tas punggung dengan design modern, simple, berguna bagi mereka yang senang liburan. Ceritakan kepada mereka dengan tas punggung ini membuat liburan menjadi lebih praktis & nyaman

Riset produk merupakan tahapan awal mengembangkan produk. Mayoritas pebisnis sukses yang kami wawancarai mereka berhasil melewati tahapan validasi produk ini dengan mengetahui 3 hal di atas. Setelah sukses mengembangkan produk Anda bisa menjadikan Iruna sebagai jasa pengiriman yang andal.  

Back to Top